LIDAH DAPAT MEMBANGUN ATAU MERUNTUHKAN KELUARGA

(Ams: 19 : 13)

Dengan lidah kita dapat memuji Tuhan tetapi dengan lidah yang sama kita dapat menistanya melalui keluhan tersungutan yang keluar dari lidah kita. Dengan lidah kita dapt mengibati tapi dengan lidah yang sama kita dapt juga membunuh. Tergantung dibawah siapa lidah itu.

Ayat bacaan diatas menyatakan lidah yang dipakai untuk bertengkar adalah perusak yang diumpamakan seperti tiris yang tidak henti-hentinya menitik.

Kupasan berikut bagaimana seorang istri dapat membangun atau menghancurkan rumah tangganya melalui lidah.


1. SEORANG ISTRI DENGAN LIDAHNYA IA DAPAT MEMBANGUN RUMAH TANGGANYA.
  • Menjaga lidah dari pada yang jahat dan bibir terhadap uacapan-ucapan yang menipu (Mas: 34 :14).
  • Pakailah lidahmu hanya bercerita tentang ALLAH saja dan memuji ( Mas: 35 :38)
  • Jangan relakan lidahmu jadi alat dosa. Jaga diri jangan ada dosa dan menahan mulut dengan kekang(Mas:39 :2).
  • Pergunakan lidahmu dengan hikmat meluap-luap gengan kata-kata indah (Mas: 45 :2)Pergunakan lidahmu dengan bijak yang lancang mulutnya seperti tikaman pedang tapi lidah yang bijak mendatangkan kesembuhan (Ams: 12 :18).
  • Sadar bahwa lidah dapat membunuh namun dapat menghidupkan. Hidup dan mati dikuasai lidah (Ams:18 :21).
  • Pergunakan lidah mu dengan lembut. Lidah lembut adalah pohon kehidupan lidah curang melukai hati (Ams:15 : 4).

2. DENGAN LIDAH SEORANG ISTRI DAPAT MENGHANCURKAN RUMAH TANGGANYA.
  • Jangan bicara sembarangan. Lidah dusta membenci korbannya mulut lucin kehancuran (Ams: 26 :28).
  • Jika merelakan lidah alat penipu. Lidah penipu mencintai perkataan yang mengacaukan (Mas: 52 :6).
  • Jika merelakan lidahnya alat pertengkaran. Pertengkaran seorang istri seperti tiris yang tidak henti-hentinya menitik (Ams: 19 :13). Lebih baik tinggal pada sotoh rumah dari pada diam serumah dengan perempuan yang suka bertengkar. (Ams:21 : 9).

3. JANGAN ANGGAP ENTENG HAL-HAL KECIL.
  • Kemudi amat kecil namun dapat emngendalikan kapal-kapal raksasa (Jak: 3 : 4).
  • Lidah bagian kecil dari tubuh tapi dapat memegahkan perkara-perkara besar (Jak: 3 : 5).
  • Lidah yang kecil dapt menyatakan perang dunia.
  • Api yang sangat kecil dapat membakar hutan belantara (Jak: 3 : 5).
  • Kerikil kecil dapat mencelakakan siapa saja.

2 komentar:

  1. syalom...kami dari videounggul ingin menawarkan produk video-video kristen, lagu rohani dan cerita alkitab untuk anak-anak.

    jika anda berminat, bisa mengunjungi
    http://christian.videounggul.com

    BalasHapus
  2. Bapak Ibu Pendeta, saya ingin belajar bagaimana cara menggunakan lidah untuk membangun rumah tangga, untuk membangun keluarga, rekan kerja, masyarakat dan semua orang disekitar saya. Selama ini saya sendiri sering sakit karena sering disakiti perkataan dan gosip-gosip dari sdr seiman juga. Kiranya Tuhan mengampuni saya. Bagaimana cara terbaik menghadapi lidah penghancur tsb? Saya sudah berusaha tetapi masih jauh dari baik, untuk sesuatu yang tidak benar dan kritik-kritik pada saya, kadang emosi saya tertekan dan itu membuat jantung saya berdegup keras. Saya hampir tidak tahan oleh perkataan orang lain. Tolong bantu saya.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.